Selasa, 06 Juli 2010

Jangan Alihkan Isu

Dimuat di Harian Jogja, 12 Maret 2010
Oleh: Vivit Nur Arista Putra 


Penggerebekan terhadap seseorang yang diduga teroris di kawasan Pamulang, Banten mencerminkan sikap tidak manusiawi detasemen khusus (Densus) 88. Selain itu, otoritas kepolisian yang didirikan tahun 2001 ini juga melanggar asas praduga tak bersalah dengan langsung menembak mati terhadap satu dan dua orang yang baru diduga bagian dari kelompok terorisme. Insiden ini sangatlah disayangkan banyak pihak. Pasalnya, jika polisi berhasil menangkap hidup-hidup justru akan menambah informasi baru mengenai peta jaringan teroris di Indonesia. Salah satu tokoh yang tewas ditempat diumumkan Kapolri rabu sore ialah Dulmatin alias Yahya Ibrahim. 

Benarkah demikian, padahal sudah tiga kali sejak 2003 perakit bom ini diumumkan mati oleh pemerintah Filipina dan Indonesia, tetapi kenyataannya buruan kelas wahid ini menjawabnya dengan serangkaian terror. Atau ihwal ini berkaitan dengan hadiah dari Amerika Serikat, yang menjanjikan 10 juta US Dolar atau sekitar 93 Milyar bagi siapa saja yang menangkap Dulmatin hidup atau mati. Kejadian ini bertepatan dua pekan menjelang kedatangan Presiden Amerika Serikat, Barack Hussein Obama, 20-22 Maret 2010 ke Indonesia. Seakan-akan mereka ingin menyerang balik isu pemberantasan terorisme di Asia Pasifik yang digadang-gadang negeri paman Sam dengan mencuatkan aksi untuk mencari perhatian publik.

 Menjadi pertanyaan, kenapa teroris menjadikan Indonesia sebagai poros gerak, bahkan Irwandi Yusuf (Gubernur NAD) menyatakan Aceh ingin dijadikan basis teroris di Asia Tenggara. Ada beberapa hipotesis untuk memperkuat pendapat tersebut. Pertama, kondisi sosial ekonomi masyarakat Indonesia yang pas-pasan, sikap ramah warganya kepada pendatang serta kesamaan keyakinan spiritual menjadikan teroris memperoleh tempat persembunyian yang nyaman. Kedua, adanya gencatan senjata di Mindanau, Filipina membuat segerombolan yang disinyalir teroris mengalihkan pusat gerakannya ke daerah strategis seperti Aceh di Indonesia yang dekat dengan selat Malaka dan mayoritas penduduknya muslim. Serambi Mekah tersebut dijadikan latihan kesinambungan untuk menjaga fisik, mental, dan soliditas gerakan. 

 Akan tetapi menurut Suripto selaku pengamat intelijen, jaringan terorisme bersifat asimetris (terpisah) dan tidak memiliki keterkaitan antara Aceh, Pamulang, dan Mindanau. Tetapi, mereka tetap pada tujuan yang sama. Hal ini memungkinkan disusupi kepentingan agenda intelijen asing untuk membentuk opini publik bahkan pengalihan isu. Kita berharap adanya penangkapan terkait dugaan terorisme, tidak membuat otoritas hukum negeri ini keblinger dan teralihkan perhatiannya dari penuntasan skandal Bank Century yang merugikan uang rakyat 6,7 Trilyun dan menyeret pejabat penting negara. 

Vivit Nur Arista Putra 
Peneliti Tranform Institute

Tidak ada komentar: