Senin, 05 Juli 2010

Mengelola Perpustakaan Ideal

Dimuat di Website dinas pendidikan Sleman, 29-7-2009 

Tri dharma perguruan tinggi terdiri dari pendidikan, penelitian, dan pengabdian masyarakat. Menjadi konsekuensi logis bagi segenap civitas akademika kampus untuk mengamalkannya. Bagi mahasiswa, peluang menunaikan amanat di muka terbuka lebar dalam moment KKN/PPL selama dua setengah bulan. Atas dasar pijakan inilah tim KKN/PPL Administrasi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Yogyakarta, menggelar workshop pengelolaan perpustakaan, Selasa, 28 Juli 2009. Bertempat di Aula dinas pendidikan Sleman Lt. III peserta terlihat begitu antusias. Terbukti tak kurang delapan puluh pustakawan dan perwakilan SMA/SMK dari satuan pendidikan Sleman memadati ruangan. Pelatihan ini menghadirkan trio pustakawan FIP yakni Anwar, Triyanto, dan Ardana. 


Pada kesempatan tersebut Anwar mengutarakan pentingnya pengelolaan perpustakaan. "Tidak harus perpustakaan ideal, karena idealnya perpustakaan setiap sekolah atau pustakawan pasti berbeda. Tetapi cukup ada petugas, pelayanan, dan buku yang ditawarkan." Terangnya. Komentar lain disampaikan Ardana. Menurutnya pengelolaan perpustakaan haruslah dilengkapi tiga orang, yang terdiri dari satu tenaga adminstrasi dan dua pustakawan. Hal ini penting diterapkan sekaligus berbagi peran, administrasi mengurusi segala kelengkapan buku, pendaftaran anggota, dan inventaris. Sedangkan pustakawan lebih fokus melayani pengunjung. 

Triyanto pada sesi terakhir menambahkan, untuk menarik dan menambah kerasan pengunjung, pelayanan haruslah memuaskan, dengan dukungan multimedia dan ruang yang kondusif untuk membaca. Setelah mendapatkan materi yang bersifat teoritis, acara yang dimoderatori Sidiq Suripto (Administasi Pendidikan’ 05) dilanjutkan dengan praktik langsung pengelolaan perpustakaan, seperti menginventarisir, melengkapi daftar inventaris berkala, penulisan kartu perpustakaan, kantong buku dsb. Keterlibatan dalam simulasi pemberdayaan ruangan berbuku ini, akan membuat daya ingat peserta lebih lama dan dapat diwariskan serta dipraktikkan di sekolah masing-masing nantinya. 

Vivit Nur Arista Putra 
Peserta KKN/PPL UNY 2009 di Dinas Pendidikan dan SD Jetis Jogopaten

Tidak ada komentar: