Selasa, 06 Juli 2010

Pertaruhan Citra SBY

Dimuat di Bali Post, Selasa, 26 Januari 2010 
Oleh: Vivit Nur Arista Putra


Melodrama kasus Bank Century masih saja berseri. Selain mengganggu fokus program kerja pemerintah seratus hari, indikasi korupsi perbankan ini dapat menjadi sasaran tembak lawan politik Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dan Partai Demokrat. Kendati belum ada pejabat berstatus tersangka, tetapi banyaknya sorotan dan tekanan publik menjadikan pola kerja pemerintah tidak fokus dan konsentrasi terpecah merespons perkara ini. Efek domino pun muncul dengan berembusnya isu pencopotan Menteri Keuangan hasil kesepakatan dengan salah satu ketua umum parpol dan evaluasi dengan mitra koalisi untuk me-reshuffle kabinet dengan mengganti beberapa menteri. 

Imbasnya, secara psikis energi pengampu kebijakan akan terkuras menanggapi efek beruntun persoalan Century. Jika ini tak dicari jalan tengah, ditakutkan akan semakin memperenggang hubungan dengan partai koalisi yang akhirnya dapat mengacaukan stabilitas pemerintahan. Secara nasional, berlarutnya kasus Century bagi iklim perekonomian pasar domestik dampaknya mulai terasa. Masih samarnya penuntasan skandal ini menjadikan para investor canggung dan menunda menanamkan sahamnya karena menunggu membaiknya situasi perbankan dalam negeri. Selain itu, mereka juga ragu akan keamanan dan buruknya pola pengelolaan bank di Indonesia yang rentan diselewengkan.

Jika ini terjadi, tentu akan merugikan Indonesia yang sudah terikat perjanjian ASEAN-China Free Trade Area (FTA). Padahal prediksi para ekonom, kondisi ekonomi Indonesia 2010 akan stabil manakala didorong oleh pertumbuhan investasi dan perdagangan. 

Vivit Nur Arista Putra Aktivis KAMMI Universitas Negeri Yogyakarta

Tidak ada komentar: