Jumat, 01 Juli 2011

Pentingnya Pendidikan Karakter

Dimuat di Harian Suara Karya, Mei 2011

Oleh: Vivit Nur Arista Putra


Setahun silam dalam hajatan hari pendidikan nasional, Menteri pendidikan nasional berpidato yang menyayangkan out put pendidikan selama ini jauh dari harapan. Muhammad Nuh mencontohkan penegak hukum yang mestinya harus menegakkan hukum dengan adil ternyata harus dihukum. Para pendidikan yang seharusnya mendidik dengan apik malah dididik. Para pejabat yang selayaknya melayani masyarakat malah minta dilayani. Keresahan di muka adalah sebagian fenomena yang bersumber pada karakter. Selang beberapa hari kemudian, Pak Nuh (demikian beliau akrab disapa) berjanji akan diberlakukannya pendidikan karakter mulai tahun ajaran 2011 dari jenjang dasar hingga menengah atas. 

Hari ini Selasa 3 Mei 2011 bertepatan dengan Hardiknas, kita ingatkan janji bapak menteri yang mengurus hajat hidup manusia ini untuk segera memberlakukan konsep dan aplikasi pendidikan karakter di satuan pendidikan. Untuk membentuk karakter tentu harus membutuhkan rujukan atau keteladanan manusia lain yang layak ditiru untuk diadopsi. Dan manusia itu adalah Nabi. Maka pendidikan karakter haruslah berbasis teosentris (berkeTuhanan) bukan antroposentris. Kesadaran berkeTuhanan ini dilakukan dalam proses pembelajaran dan pembentukan karakter siswa. Agar seluruh kendali fikiran, perasaan, dan perilaku seseorang dikontrol oleh sistem keyakinan (believe system). Sehingga ucapan dan perbuatan dapat terjaga. 

Rumah Pensil Publisher

Bukankah pendidikan karakter juga terfokus pada sisi kognitif juga?. Ya, jelas karena memang akal merupakan anugrah terbaik dari Allah sebagai pembeda antara manusia dengan makhluk lainnya. Hanya saja kultur lingkungan sekolah dan kampuslah yang nantinya akan turut serta membantu keberhasilan proses pembentukan karakter. Sebab itu, partisipasi aktif seluruh insan pendidikan mulai kepala sekolah, pendidik, hingga karyawan untuk mewujudkannya dengan memberikan teladan terbaik dalam ucapan dan perilaku keseharian. Karena kesuksesan pembelajaran ini akan dipengaruhi faktor keteladanan orang-orang terdekat mitra didik. 

Dalam buku “Pendidikan Profetik, Revolusi Manusia Abad 21” karya Syarifuddin Jurdi dkk disebutkan ada beberapa hal yang perlu dikembangkan pada proses internalisasi pendidikan karakter di kelas, yaitu; (1) memberikan metode belajar partisipasi aktif siswa untuk meningkatkan motivasi siswa, (2) menciptakan iklim belajar kondusif agar siswa dapat belajar efektif dalam suasana yang memberikan rasa aman dan penghargaan, (3) metode pengajaran harus memperhatikan keunikan masing-masing siswa, (4) guru harus mampu menjadi teladan (modelling) bagi praktik implementasi nilai-nilai profetik, (5) membentuk kultur terbuka saling mengingatkan antara guru dan siswa dengan prinsip kesantunan (Hal 87). Tentunya sebelum interaksi guru dan murid di kelas, orang tua memberikan peranan penting untuk membentuk karakter anak dalam komunitas terkecil keluarga. Sebab, merekalah yang kali pertama bersentuhan dengan sang anak serta mengetahui kekurangan dan potensi besar buah hati.

Vivit Nur Arista Putra 
Peneliti Transform Institute Universitas Negeri Yogyakarta

Tidak ada komentar: